Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Senin, Januari 14, 2013

Galaxy Kamera "Android" Karya Samsung

detail berita
Samsung Galaxy Camera (Foto: Andina L/Okezone)
Samsung membuat trobosan pada ajang IFA 2012 dengan memperkenalkan kamera berbasis Android sekaligus menambah anggota baru lini produk Galaxy.

Kamera yang hadri dengan dua pilihan warna yakni putih dan hitam ini memiliki bobot 300 gram, seperti kamera pocket pada umumnya, Galaxy Camera dilengkapi dengan sejumlah tombol dan port, di antaranya shutter, power dan flash, serta port jack audio dan USB.



Pada bagian bawah body kamera, tepatnya bila membuka tutup baterai, terdapat sejumlah slot ntuk menyematkan kartu SIM, MicroSD, dan slot untuk kabel HDMI.

Dari segi spesifikasi, Galaxy Camera mengusung sensor BSI CMOS 16 megapiksel yang dapat melakukan zooming hingga 21x, bahkan berkat penyematan lensa f=4.1~86.1mm kamera ini menawarkan sudut pandang setara dengan 23-483mm pada kamera 35mm.

Guna mendukung akselerasi  dalam menjalankan  sejumlah aplikasi di Galaxy Camera, produk besutan perusahaan asal Korea Selatan ini ditenagai prosesor quad-core dengan clock 1.4GHz serta dilengkapi dengan layar berukuran 4.77 inch Super Clear Touch Display. Ketika dilakukan pengujian dengan aplikasi game, foto editor seperti Pixlr Express dan Video Editor performa yang dihasilkan pun cukup mulus.


 

Nah, setelah menilik dari spesifikasi kamera dan kemampuan pendukung lainnya bagaimana sensi memotret menggunakan Galaxy Camera? Tim redaksi Techno Okezone pun merasakan kemudahan pemakaian saat menajajal kamera Android ini.

Saat menjalankan kamera, ada dapat menggunakannya untuk meringkus foto atau video. Untuk foto, bagi Anda yang merasa masih awam dalam menggunakan kamera, dapat menggunakan fitur auto. Namun bila Anda ingin bereksplorasi lebih jauh dapat mengunakan mode Expert Control.



Namun bila Anda bosan dan menginginkan sejumlah variasi gambar, Anda dapat menggunakan fitur mode Smart, di fitur ini Anda dapat menggunakan sejumlah template arahan gambar sesuai dengan momen yang ingin Anda gunakan, yaitu  Beauty face, Best photo, Continuous shot, Best face, Landscape, Macro, Action freeze, Rich tone, Panorama, Waterfall, Silhouette, Sunset, Night, Fireworks, Light trace.



Pilihan kualitas dan besarnya file gambar yang Anda tangkap juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, bila Anda menginginkan hasil foto dengan besar file 1MB maka resolusi gambar yang dihasilkan 1024x768, sedangkan bila Anda ingin memperoleh hasil gambar yang lebih besar yakni 4608x3456 Anda harus menyiapkan media penyimpanan lebih luas, pasalnya ukuran tersebut akan memakan memori sebesar 16MB.(foto file foto).

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda dapat menggunakan mode Expert Control untuk mengekplorasi hasil gambar yang sesuai dengan keinginan, layaknya kamera DSLR terdapat sejumlah pengaturan seperti P (Auto+), A (Aperture Priority), dan S (Speed Priority).



Setelah berbicara foto, bagaimana dengan video? Sebelum Anda menggambil gambar ada kalanya Anda memilih ukuran file sesuai kebutuhan, pertama bila Anda ingin hasil rekaman Anda langsung diunggah ke YouTube, Anda dapat membuka pengaturan dan memilih jenis file Sharing 320x240 , sebaliknya bila ingin merekam dengan kualitas yang lebih besar, dapat menggunakan mode Full HD 1920x1080.  



Di luar itu, ada yang menarik dalam mengoperasikan Galaxy Camera. Bila Anda mengaktifkan mode Voice Command, Anda dapat menjalankan sejumlah fungsi kamera hanya dengan mengucapkan kata kunci tertentu, misalnya, dalam mengambil gambar hanya perlu berbicara Smile, Chesse, Capture, dan Shoot maka momen yang diinginkan akan teringkus oleh kamera.



Setelah melihat keunggulan Galaxy Camera, apa keuntungan lain dari penggunaan sistem operasi Google Andoid 4.1 Jelly Bean? Nah, tak dapat dipungkiri lagi bila saat ini sejumlah foto hasil jepretan langsung bisa menjejali situs jejaring sosial Anda.

Karenanya, dengan Galaxy Camera ini Anda langsung dapat mengunggah hasil jepretannya lewat Path, Instagram, atau aplikasi jejaring sosial lain. Dengan peringkus gambar yang satu ini, bisa dijamin bikin Anda makin eksis di jagad maya. Kemudian, selain dapat menggunakan mode jaringan WiFi, Galaxy Camera juga dilengkapi dengan slot SIM guna menunjang mobilitas Anda.



Kesimpulan

Galaxy Camera bisa dibilang memiliki fungsi yang cukup kaya, pasalnya berkat menggunakan sistem operasi Google Android, "kamera pintar" ini dapat memasang sekaligus menjalankan sejumlah aplikasi yang diunduh melalui Google Play.

Hasil jepretan pun langsung bisa diunggah, tak lain karena didukung fitur WiFi dan 3G. Meski banderol yang cukup tinggi di kisaran Rp5 jutaan, namun Galaxy Camera sudah dikatakan dapat memenuhi kebutuhan bagi Anda yang ingin hasil jepretan langsung beredar di jagad maya.

Namun, Galaxy Camera ini jangan Anda sandingkan dengan kamera DSLR kelas pemula di pasaran, meski dari sisi harga tak jauh beda, namun kualitas gambar tak bisa disamakan. Misalnya saat tim Redaksi Okezone Techno menggunakan fungsi Macro, lensa kamera ini tidak dapat mengambil gambar Foreground dan Background secara maksimal. (Credit Foto: Andina L/Okezone)


Spesifikasi :

Image Sensor :16.3 effective megapixel 1/2.3 inch BSI CMOS

Lensa : F2.8, 23 mm, 21x Optical Zoom Lens IS OIS

Layar : 121.2 mm (4.77 inch), 308 ppi, HD Super Clear Touch DisplayISO : Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200

Jaringan : 4G, 3G (HSPA, 21Mbps) : 850 / 900 / 1900 / 2100 MHz

Processor: 1.4 GHz Quad-Core processor

OS: Android 4.1 (Jelly Bean)

Memory : 8 GB + memory slot : micro SDSC, micro SDHC, micro SDXC

Konektivitas: WiFi a/b/g/n, WiFi HT40GPS/GLONASS Bluetooth 4.0

Batterai : 1,650 mAh

Harga : Sekira Rp5 jutaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link