Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Jumat, Juli 19, 2013

Pengertian Jarak Focus Lensa Kamera DSLR



Jarak Fokus atau Focal Length menjadi pertimbangan bagi photografer saat membeli lensa kamera DSLR karena jarak fokus pada lensa akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap jarak pada lensa di peruntukan untuk pemotretan dengan jarak tertentu. Focal length atau jarak fokus adalah jarak dalam satuan milimeter (mm) antara bagian tengah elemen optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor pada kamera DSLR.

Focal Lenght juga mempengaruhi sudut pandang atau field of view adalah seberapa luas area ditangkap oleh kamera, Jarak Focus Lensa juga mengontrol seberapa lebar atau seberapa sempit perspektifnya (pembesaran terhadap objek). Lensa dengan perspektif yang lebar (lensa wide) akan memdapat pandangan yang luas sehingga objek terlihat lebih kecil pada gambar yang akan di hasilkan, lensa dengan perspektif menengah (lensa normal) akan memberikan pandangan yang normal sedangkan lensa dengan perspektif sempit (lensa tele) akan membuat objek yang jauh terlihat lebih besar pada gambar sesuai dengan Jarak Focus Lensa  yang di berikan.



Kesimpulannya adalah
Semakin pendek Jarak Focus, semakin lebar sudut pandang dan semakin lebar perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin luas), hal ini dapat ditemukan pada lensa wide
Semakin panjang Jarak Focus, semakin sempit sudut pandang dan semakin sempit perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin sempit), hal ini dapat ditemukan pada lensa tele.
Kira-kira sudah paham? yang dimaksud dengan focal length. Nah berikut beberapa kategori focal length atau jarak fokus pada kamera DSLR perkiraan focal length lensa yang digunakan dengan sedikit tumpang tindih dalam focal length antara beberapa kategori oke langsung saja lihat katagori berikut ini :

Lensa Ultra-Wide Angle: 10-15mm
Yang pertama adalah Lensa Ultra Wide Angle dengan jarak fokus 10- 15 mm, cakupan pandangan yang lebih lebar dibandingkan dengan lensa standar dengan membuat objek tampak lebih kecil dibandingkan dengan lensa normal. Lensa ini juga mempunyai DoF (depth of field, rentang kedalaman fokus pada objek) yang luar biasa sehingga memungkinkan seseorang mengambil foto dengan fokus yang sama mulai dari foreground (latar depan) hingga background (latar belakang).

Lensa Wide Angle: 16-28mm
Lensa yang sering digunakan oleh photografer dalam kondisi yang dimana photofrafer tidak dapat berada pada posisi yang diinginkan bila menggunkan lensa jenis lainnya misal saat berada dalam ruangan yang sempit tidak mungkin photografer mundur lagi untuk mendapat cangkupan terhadap objek yang berada dalam ruangan atau juga saat memotret pemandangan, dan jenis lensa ini sering digunakan oleh photografer untuk memfoto pemandangan interior dan juga arsitektur.

Lensa Normal: 28-40mm
Sering kali lensa jenis ini digunakan dalam pemotretan model dan orang yang tidak terlalu banyak dan juga untuk  pemotretan ¾ body .

Short Telephoto Lenses: 40-60mm

Rentang focal length dengan 40-60 sering disebut juga lensa potret, Sering juga digunakan oleh photografer yang khusus memotret model dan juga pada studio foto sebab lensa ini akan memberikan perspektif atau pandangan pada kepala dan bahu dari foto model dengan baik.

Lensa Telephoto Medium: 60-135mm
Bagi anda penggemar foto makro lensa dengan kisaran focal length ini sangat cocok untuk anda selain untuk macro lensa ini juga sanga bagus untuk foto close-up fotography karena dapat digunakan pada jarak yang dekat antara objek dan kamera.

Lensa Telephoto Panjang: 135-300mm

Jarak fokus ini berguna untuk memperbesar objek yang terlalu jauh dari kamera untuk mengisi frame. sangat sering digunakan oleh photografer untuk memotret objek yang berada di kejauhan seperti foto candid foto binatang liar dan juga foto olahraga. Dalam penggunaan lensa ini diperlukan tekni tersendiri untuk meminimalkan efek goyangan kamera karena lensa tele rentan terhadap goyangan yang berimbas pada berkurangya ketajaman foto baik dengan menggunakan senderan ataupun tripot dan lainnya.

Lensa Super Telephoto: 300mm keatas
Jarak fokus ini digunakan untuk objek yang sangat jauh paling berguna bagi fotografer untuk memotret suatu objek tidak mungkin di jangkau dengan mudah misal untuk memotret objek yang berada di seberang danau atau di atas pepohonan yang sangat tinggi dan jauh, yang harus memotret dari ratusan meter jauhnya dan juga sering digunakan untuk photografer mata-mata yang akan memotret objek tanpa di ketahui oleh objek. Tidak jarang juga di gunakan pada pemotretan benda-benda langit seperti awan bulan dan petir lihat tipsnya disini.
Berikut adalah gambar yang di hasilkan oleh berbagai jarak fokus pada lensa DSLR :



Okay demikian saja pembahasan tentang Jarak Fokus ( Focal Length) semoga membantu dan bermanfaat. Lain kali akan kita bahas kembali tentang dunia fotografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link