Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Sabtu, Desember 22, 2012

Kirim Pesan Di Facebook Kena Biaya



Berkirim pesan di Facebook kemungkinan akan dikenai biaya. Ini berlaku untuk kegiatan berkirim pesan kepada pengguna yang belum menjadi teman Facebook.

Facebook saat ini tengah melakukan uji coba terbatas sistem ini ke sejumlah pengguna di Amerika Serikat (AS). Mengirim pesan ke orang yang belum menjadi teman Facebook mereka, akan dikenai biaya USD 1 per pesan.

Raksasa jejaring sosial tersebut ingin menentukan apakah dengan menambahkan 'sinyal finansial' ini akan meningkatkan formula yang dibuatnya dalam menyajikan pesan yang lebih relevan dan bermanfaat ke inbox si pengguna.

Sebelumnya Facebook telah menggunakan isyarat sosial seperti connection between friend dan algoritma yang mengidentifikasi pesan sampah.
"Tes ini dirancang untuk membidik situasi ketika sinyal sosial maupun algoritma mencukupi," kata Facebook dalam postingan blognya.

Fitur semacam ini akan bermanfaat, misalnya ketika kita ingin mengirim pesan ke seseorang di sebuah event, menanyakan lowongan pekerjaan, namun belum berteman dengannya. "Anda bisa menggunakan fitur ini untuk bisa menjangkau inboxnya," kata Facebook.

Selain melakukan pengujian fitur ini, Facebook juga memperkenalkan update berupa filtering setting untuk inbox. Ada dua macam pengaturan yakni 'basic' dan 'strict'.

Pengaturan 'strict' membatasi inbox agar hanya menerima pesan dari teman Facebook. Sementara 'basic', memungkinkan mengirim pesan friends of friends di Facebook.

Belum diketahui, apakah fitur pesan berbayar ini nantinya akan dirilis untuk semua pengguna Facebook atau tidak. Facebook tidak menyebutkan keterangan lebih detail soal ini.