Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Kamis, Juli 25, 2013

Lama di Depan Komputer Picu Kebutaan


Segala kegiatan manusia tak lepas dari interaksi komputer, mulai dari bekerja, belajar, atau hanya untuk sarana hiburan seperti main game, kita banyak dihadapkan dengan monitor komputer. Dalam sebuah studi kesehatan, ternyata terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mata. Bila tidak serius ditangani bahkan bisa menyebabkan kebutaan mata.

Studi yang dilakukan oleh Healthier Michigan di Amerika, menyatakan banyak masyarakat yang melampaui batas penggunaan komputer. Di Amerika sendiri 66% anak berada di depan komputer selama lebih dari 2 jam, padahal Dinas Kesehatan Amerika Serikat menyatakan batas aman untuk berada di depan komputer adalah maksimal 2 jam per hari. Namun, karena segala kegiatan yang menuntut komputerisasi, maka tak heran saat ini berda di depan komputer berjam-jam menjadi sesuatu yang wajar, padahal kebiasaan tersebut tidak sehat.

Lalu apa hubungannya dengan kesehatan mata?

seorang yang berada di depan komputer akan mengalami penurunan frekuensi kedipan mata karena mata fokus ke layar. Idealnya dalam satu menit mata normal akan berkedip 12-15 kali. Namun saat berada di depan komputer jumlah kedipan hanya berkisar 8-10 kali sehingga menyebabkan mata menjadi kering dan gatal. Selain itu, ketika seseorang fokus pada layar monitor pada waktu yang lama akan menyebabkan otot berkontraksi secara terus menerus sehingga terjadi kelelahan otot mata. Hasilnya pandangan mata menjadi kabur dan kehilangan fokus penglihatan.

Di Amerika, gangguan mata akibat terlalu lama di depan komputer disebut Computer Vision Syndrome atau CVS. Gejala CSV tersebut adalah penglihatan yang mulai kabur, fokus pandangan yang bermasalah dan mudah pusing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link