Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Kamis, Januari 17, 2013

Facebook Luncurkan Pencarian Sosial


Menlo Park - Manajemen Facebook meluncurkan fitur pencarian yang disebut social graph untuk menandingi mesin pencari Google. Mesin pencari ala Facebook ini akan menampilkan pencarian internal di dalam situs yang beranggotakan sekitar satu miliar orang itu.

Jika topik yang dicari tidak ada, maka mesin pencari Bing milik Microsoft, yang bekerja sama dengan Facebook, akan menyediakan hasil pencarian terkait dari Internet secara umum. "Menyusun indeks untuk semua konten ini agar mudah ditemukan pengguna terasa sangat susah," kata Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, kemarin di California

Saat ini situs Facebook memiliki 240 miliar foto dan sekitar satu triliun koneksi antara penggunanya. Seorang pengguna bisa mencari semua posting yang diperuntukkan untuk umum atau telah diberi simbol like oleh temannya.

Sedangkan untuk posting yang bersifat pribadi, maka konten ini tidak akan muncul dalam indeks Facebook. Untuk itu, Zuckerberg mewanti-wanti agar para pengguna memperhatikan betul level akses yang diberikan atas setiap posting yang dibuat.

Saat ini fitur pencarian sosial ini baru bisa digunakan oleh beberapa ribu orang saja. Bagi pengguna yang ingin menjajal, Facebook menyediakan laman untuk mendaftarkan diri. Penggunaan fitur ini secara penuh baru akan diluncurkan pada masa depan.

Pola pencarian internal ini sebenarnya telah digagas terlebih dulu oleh Google. Dengan mencantumkan indeks dari Google+, maka seorang pengguna yang telah login bisa mendapatkan hasil pencarian dari web maupun dari internal situs Google+.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link