Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Selasa, Agustus 06, 2013

Cara Melindungi Isi Flashdisk


Portable Remora USB File Guard adalah apparatus yang dapat digunakan untuk mengenkripsi record pada USB flash-drive. Portable Remora USB File Guard merupakan program yang dapat membantu mengamankan Flashdisk. Software ini membuat Flashdisk tidak mudah diakses pada sistem operasi Windows. Sederhananya ketika Flashdisk dihubungkan ke PC, diperlukan cue agar isi Flashdisk dapat dibuka. Sehingga melindungi Flashdisk agar isinya tidak mudah dibuka oleh sembarangan orang.

Aplikasi ini bersifat portabel sehingga tidak perlu diinstal dan karenanya kita dapat dengan mudah menempatkan aplikasi ini pada perangkat portabel serta menjalankannya dari komputer manapun. Yang lebih penting lagi, entri pada registry komputer kita tidak terpengaruh atau berubah.


Ketika pertama kali menjalankan aplikasi ini, kita akan diminta memasukkan kata sandi untuk masuk aplikasi dan kata sandi untuk mengenkripsi file. Pada pemilihan password, disarankan agar cue untuk login aplikasi dan cue enkripsi berbeda untuk meningkatkan keamanaan record di dalam USB.

Di dalam aplikasi, pada daftar record kita dapat melihat nama, ukuran, tipe, atribut, dan tanggal modifikasi setiap record yang kita impor. Kita dapat mengimpor dan mengekspor file, mengenkripsi atau mengenkripsi sekaligus mengompres file-file tersebut, memilih tingkat kompresi serta mengatur agar aplikasi ini dapat membuka direktori tujuan setelah mengekspor file.

Dalam aplikasi ini, istilah “mengimpor” diartikan sebagai meng-copy record yang akan dienkripsi ke dalam folder usb_security di dalam USB flash-drive, di mana folder ini sifatnya tersembunyi (hidden). Sedangkan istilah “mengekspor” diartikan sebagai mendekripsi dan mengeluarkan record terenkripsi dari USB ke direktori yang kita inginkan (file dapat dibuka/dibaca seperti biasa).


Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk dapat mengubah kata sandi, memilih tampilan antarmuka dan bahasa yang berbeda. Aplikasi ini juga begitu ringan karena hanya memerlukan sedikit sumber daya, baik ruang pada harddisk maupun memori (RAM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link