Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Senin, Januari 14, 2013

Warna Rambut dan Mata Leluhur Manusia



Arkeolog telah merekonstruksi wajah beberapa spesies manusia purba yang menjadi leluhur manusia modern (Homo sapiens). Kini pertanyaannya, apa warna mata dan rambut mereka? Apakah biru dan pirang atau coklat dan hitam?

Riset yang dipublikasikan di jurnal Investigative Genetics menguraikan penggunaan genetika forensik untuk mengetahui karakteristik mata dan rambut dengan sampel gigi. Teknik analisis yang digunakan disebut HlrisPlex DNA, menggunakan 24 variasi DNA untuk menebak warna mata dan rambut.

Dalam penelitian, Wojciech Branicki dari Institute of Forensic Research dan Jagielonian University di Krakow, Polandia, berhasil menguraikan karakteristik rambut dan mata Jenderal Wladyslaw Sikorski, pemimpin militer Polandia masa Perang Dunia II.

"HlrisPlex mengonfirmasi bahwa Jenderal Wladyslaw Sikorski yang mati dalam kecelakaan pesawat tahun 1943 memiliki mata biru dan rambut pirang seperti yang digambarkan dalam foto beberapa tahun setelah kematiannya," kata Branicki.

Dengan teknik HlrisPlex DNA, ilmuwan juga berhasil mengidentifikasi warna rambut dan mata seorang perempuan yang dikubur di ruang bawah tanah Benedictine Abbey di Tyniec, dekat Krakow, sekitar abad 12-14. Perempuan itu diketahui memiliki mata coklat dan rambut coklat gelap.

Dengan adanya teknik HlrisPlex DNA, manusia masa kini punya kesempatan untuk menguak warna rambut dan mata leluhurnya. Bukan tidak mungkin Homo erectus leluhur manusia memiliki warna rambut seperti orang Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link