Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Minggu, Desember 23, 2012

Cara Memilih PC Rakitan

Komputer rakitan sudah tidak asing lagi untuk kita dengar selama ini. Banyak orang yang menggemari dan hobi untuk merakit sebuah komputer, entah itu hanya di buat untuk bermain game, untuk bekerja atau pun sekedar untuk sebuah kontes atau perlombaan merakit sebuah komputer dengan performa terbaik dan juga tampilan yang menarik. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik kepada Anda yang masih awam untuk untuk memilih atau merakit komputer  yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Komputer Rakitan 

Dalam merakit sebuah komputer hal pertama yang perlu untuk Anda perhatikan adalah dalam menentukan fungsi komputer yang akan Anda rakit, apakah komputer itu akan Anda gunakan untuk bekerja seharai hari atau hanya Anda gunakan untuk bermain game atau multimedia saja. Setelah Anda menentukan fungsi komputer yang akan Anda rakit hal kedua yang perlu untuk Anda lakukan adalah memilih setiap komponen penting untuk sebuah komputer rakitan, diantaranya adalah:

1) Motherboard (Mainboard)
Motherboard merupakan papan sirkuit sebagai tempat penghubung setiap komponen dalam CPU. Motherboard yang juga sering disebut dengan istilah “mobo” ini sangatlah berpengaruh untuk kinerja komponen yang lain. Motherboard merupakan induk dari semua komponen ang terdapat dalam CPU.

2) Prosesor
Prosesor merupakan otak dari CPU Anda. Berdasarkan dari fungsi komputer dapat kita ketahui terdapat dua jenis prosesor yang menguasai pasar komputer dunia saat ini yakni Intel dan juga AMD. Masing masing dari prosesor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika Anda mengiginkan sebuah komputer untuk pekerjaan Anda saya menyarankan untuk memilih prosesor Intel, tetapi jika Anda menginginkan media hiburan Anda bisa memilih prosesor AMD.

Processor

3) RAM (Random Access Memory)
Random Access Memory merupakan media penyimpanan pada komputer yang berfungsi untuk mendukung dan melayani prosesor pada saat melakukan proses komputing. Yang perlu Anda ingat sebelum membeli RAM, ketahuilah terlebih dahulu mengenai motherboard dan juga prosesor Anda. Karena belum tentu setiap RAM bisa compatible dengan Mainboard dan juga prosesor Anda.

4) Hardisk
Komponen ini merupakan rumah bagi setiap file file yang akan Anda simpan dalam komputer. Media penyimpanan ini berfungsi untuk menyimpan data di komputer Anda, saya menyarankan kepada Anda untuk memilih Harddisk yang bertype SATA, karena type ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan juga komponen yang lebih simpel dan rapi. Sehingga Anda akan dapat dengan mudah untuk menatanya pada saat di rakit.

5) Power Supply
Power Supply merupakan sumber daya listrik untuk dialirkan ke semua komponen komputer Anda. Satu hal yang perlu Anda ingat ketika memilih power supply adalah pilihlah power supply yang memiliki kumparan kapasitor yang banyak, karena dengan kumparan kapasitor yang banyak dapat menampung daya listrik yang banyak pula untuk dialirkan kesetiap komponen komputer.

Power Supply

Tips memilih komponen utama dalam merakit sebuah komputer rakitan di atas hendaknya Anda ingat dan pelajari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam merakit sebuah komputer rakitan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.