Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Sabtu, Juni 29, 2013

Puluhan Mumi Berusia 1.000 Tahun Ditemukan


Para arkeolog di Peru dikagetkan dengan temuan mumi yang berusia sekitar 1.000 tahun. Ada sekitar 60 mumi bersama dengan ribuan benda-benda peninggalan sejarah lainnya yang diduga berasal zaman pra-Inca.

Zaman pra-Inca atau juga disebut Wari terjadi di Peru, antara abad ke-7 hingga abad ke-11 silam. Mumi-mumi yang ditemukan dalam satu makam kuno ini berasal dari keluarga kerajaan jika dilihat dari cara penguburannya.

"Ini merupakan temuan yang sangat unik," ujar arkeolog dari Universitas Warsawa, Polandia, Giersz Milosz, seperti dilansir AFP.

"Ini merupakan temuan makam kerjaan dari kebudayaan Wari yang pertama kali di Peru," imbuhnya.

Temuan ini dilakukan para arkeolog Peru dan juga Polandia di wilayah yang bernama El Castillo, yang berjarak 300 km dari ibukota Lima.

Temuan awal berupa sebuah makam kuno dengan ukuran kedalaman 2 meter dan terutup oleh 33 ton batu kerikil. Makam yang diduga berisi putri-putri kerajaan zaman Wari ini memiliki luas 17 meter persegi.

Sebagian besar mumi yang ditemukan berjenis kelamin perempuan. Hal ini dilihat dari posisi penguburan yang tegak lurus, yang menandakan status atau kasta mereka.

Bersama mumi-mumi ini, ditemukan bermacam perhiasan baik dari emas maupun perak. Perhiasan ini terpasang pada mumi-mumi tersebut.

Beragam benda keramik dan sekeranjang penuh perhiasan juga ditemukan di dekat mumi tersebut. Para arkeolog menemukan mangkuk, vas, batu yang diukir, pisau seremoni dan sejumlah benda lainnya, yang masih dalam kondisi bagus dan memiliki nilai kebudayaan yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link