Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Kamis, April 19, 2012

Mengatasi komputer yang tak nyala secara tiba-tiba

Saya akan mencoba memberikan beberapa cara, namun untuk lebih jelasnya, silahkan cek keseluruhan komputer ke toko komputer terdekat atau ke teman yang mengerti komputer.

Komputer mati tiba-tiba dan tidak dapat hidup kembali sebelum kabel power ke stop kontak dicabut.
Jika ini terjadi, peluang terbesarnya disebabkan oleh power supply yang kurang. Standar power supply saat ini adalah 450Watt, tapi bisa lebih seiring dengan berapa banyak hardware yang anda sambungkan ke power supply.

Komputer mati tiba-tiba namun masih dapat hidup kembali setelah ditekan tombol power.

Jika hal ini tejadi, ada beberapa sebab yang harus dicek. Pertama adalah suhu processor. Untuk mengeceknya anda harus masuk ke BIOS. Jika suhu terlalu tinggi, artinya kipas anda tidak terpasang sempurna atau heat sink yang sudah teramat sangat kotor.
Kedua adalah RAM. Coba lepas RAM anda, bersihkan kaki-kakinya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar.
Ketiga adalah VGA. Coba lepas VGA anda, bersihkan kaki-kakinya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar.

Komputer mati tiba-tiba dan mengeluarkan bunyi "tiiiiit... tiiiit" berulang kali.
Jika ini terjadi, artinya RAM anda tidak terpasang sempurna, atau kotor. Tapi bisa juga kemungkinan RAM anda rusak atau jebol. Coba lepaskan RAM anda, bersihkan kaki-kakinya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar. Jika tetap demikian, ganti RAM anda dengan yang baru. Karena RAM sekarang memiliki garansi seumur hidup, tukarkan RAM anda dengan yang baru.

Komputer mati tiba-tiba dan mengeluarkan bunyi "tiiiiiiiiiiiiit...." panjang.
Jika ini terjadi, coba restart PC anda.. jika monitor masih bisa mengeluarkan gambar (booting atau yang lain), artinya VGA anda tidak terpasang dengan benar atau VGA kotor.
Coba lepas VGA anda, bersihkan kipas dan heat spreadernya, bersihkan kaki-kakinya dengan karet penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar.
Tapi kalau setelah ini terjadi dan setelah anda restart berulang kali, gambar tidak pernah muncul lagi di monitor, artinya VGA anda rusak atau jebol.

Sumber : Cyber4rt Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link