Magic4rt Blog

Digital Art And Information

Selasa, Januari 22, 2013

Mengatasi Internet Terblokir Karena Antivirus


Kadang pada saat kita saat membuka internet ada beberapa web yang terblokir oleh antivirus,
Jika program antivirus memblokir file yang ingin Anda upload ke server hosting. Ada 2 kemungkinan :

1. File tersebut memang mengandung malware. Jika memang file yang ingin Anda unggah (upload) mengandung malware sebaiknya jangan diunggah karena jika file berpotensi merugikan pengunjung situs Anda. Selain itu, pada umumnya situs hosting dan peramban (browser) pada umumnya sudah memiliki fitur blokir terhadap program jahat sehingga akan mengakibatkan blokir terhadap situs Anda dan situs itu akan masuk ke dalam daftar situs jahat/di-blacklist.

2. File tersebut tidak mengandung malware tetapi kemungkinan mengandung string yang dianggap malware oleh program antivirus. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu mengirimkan file yang diblokir oleh antivirus ke analis virus dari vendor antivirus untuk dilakukan perbaikan atas kesalahan deteksi tersebut.

Jika karena satu alasan tertentu anda tetap ingin menjalankan satu file yang mati-matian mau dibabat oleh antivirus tetapi Anda mati-matian mempertahankan file tersebut dan bersedia menanggung apapun akibatnya atau ada alasan teknis lain sehingga anda perlu menjalankan file / database tersebut.

Best practice pada server database/mail server direktori yang berisi database penyimpanan data atau email dikecualikan dari pengawasan program antivirus karena kalau tidak akan menyebabkan kelambatan pada program database / email karena program antivirus akan memblok akses klien ke database tersebut.

Anda dapat memerintahkan exclude/pengecualian sehingga program antivirus tidak melakukan scanning pada suatu file/direktori. Cari menu 'exclude' atau 'exceptions' dan pilih direktori/file yang ingin Anda kecualikan.

Pada GData Antvirus menunya terletak di [Antivirus][Monitor][Exceptions] lalu klik [New] dan masukkan direktori atau file yang ingin Anda kecualikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Membangun Dan Tanpa Link